Pantai Sadranan

Yogyakarta seperti kota yang tak pernah berhenti menunjukkan eksotisnya. Setelah beberapa julukan tersemat, kota ini tidak begitu saja berhenti memperelok diri. 

Salah satunya ditunjukkan dengan upaya pemerintah Yogyakarta mengembangkan destinasi wisata di daerah selatan, tepatnya di Gunung Kidul.


Siapa sangka jika daerah yang penuh dengan bukit kapur dan kekurangan air dikala kemarau ini, ternyata menyimpan mutiara wisata yang luar biasa. 

Deretan pantai di Gunung Kidul menyajikan ketakjuban alamnya bagi para traveler penjelajah tempat wisata. 

Salah satunya adalah pantai sadranan yang bisa dikatakan umurnya masih sangat belia jika dibandingkan dengan pantai lainnya di Gunung Kidul. Sehingga kesan alami dan originalnya masih sangat kental.


Pantai yang terletak di desa Sidoarjo, Tepus,  Gunung Kidul ini bisa ditempuh kurang lebih 2 jam dari terminal bus Giwangan Yogyakarta dengan kendaraan pribadi. 

Ada dua jalur pilihan yang bisa ditempuh untuk sampai kesana. Salah satunya adalah jalur utama yang bisa ditempuh melalui jalan raya Yogya Wonosari, atau pilihan jalur alternatif yang bisa ditempuh melalui kecamatan Dlingo atau kecamatan Panggang. 

Jika kita ingin menikmati suasana alam desa dan pepohonan, bisa jadi pilihan jalur alternatif sangat pas buat. Selain menikmati segarnya suasana desa, sensasi jalur pedesaan yang naik turun dan berkelok menanamkan kenangan yang tak terlupakan.


Bagi yang datang dari luar Yogya tidak perlu khawatir, karena di sekitar pantai sadranan ada tempat penginapan dan villa sederhana yang cukup nyaman untuk ditempati. Bahkan tarif sewa penginapannya pun sangat terjangkau. 

kita hanya cukup bawa bekal keperluan pribadi dan perkakas selfie, karena disekitar pantai banyak penjaja menu makanan yang lezat dan khas rasanya. Tentunya kita juga harus siap dengan uang tunai di dompet, karena mesin ATM masih jarang menghuni sekitaran pantai ini.


Setiba di pantai sadranan, kita bisa memanfaatkan gazebo-gazebo yang berderet di bibir pantai. Jika kita datang bersama keluarga dan ingin kenyamanan bersantai bisa memanfaatkan gubuk-gubuk kayu yang dirancang khusus yang ada di pinggir pantai. 

Jika profesi kita sebagai penulis, maka ini tempat yang pas untuk meliarkan imajinasi. Dengan perangkat alat tulis atau laptop, semua yang tergambar disekitar pantai sadranan akan menstimulasi otak untuk melahirkan inspirasi.


Ketika mulai merasa bosan, mungkin pilihan untuk mencoba snorkling di pantai ini bisa jadi obat mujarab. kita hanya cukup sewa alat Rp. 50.000 per 2 jam untuk bisa menikmati alam bawah laut. Atau blusukan ke tebing-tebing dan sudut pantai untuk menemukan angel foto selfie yang menawan. 

Namun, kita juga harus hati-hati ketika berada di dekat tebing-tebing batu. Karena pada bulan Juni 2015 lalu terjadi musibah longsornya tebing yang memakan beberapa korban jiwa.


Dijamin tidak akan pernah menyesal berkunjung ke pantai sadranan Gunung Kidul. Selain biaya masuk area yang sangat murah, pemandangan alamnya juga sangat luar biasa. 

Hanya dengan Rp. 5.000 – 10.000 perorang kita bisa menikmati puluhan pantai yang berjajar elok di Yogyakarta bagian selatan ini.


Meliarkan imajinasi di pantai sadranan Gunung Kidul bisa menjadi salah satu agenda para penulis travel writer, atau bagi deadliner yang butuh suntikan inspirasi untuk mengejar proyek penulisan. Selamat berkarya. 

Leave a Reply

You May Also Like